Mahasiswa PAI meraih prestasi diajang bergengsi tingkat Internasional


 

IAIN Batusangkar- sebuah lembaga kemahasiswaan di IAIN Batusangkar mempersembahkan sebuah acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Musabaqah Syahrir Qur’an (MSQ) dimana acara ini mencapai kancah internasional MTQ dan kancah Nasional (MSQ) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan oleh Muhammad Khairul Hazli sebagai ketua panitia penyelenggara kegiatan yang diselenggarakan secara daring. Selasa 14/09-2021.


Walaupun pandemi pada saat ini melanda Negara Indonesia tapi HMJ PAI tidak Putus Asa dalam mengangkat acara yang sangat beharga tersebut dengan melalui benyak rintangan dan pengorbanan. HMJ PAI beserta panitia tidak kenal dengan lelah sehingga acara berjalan dengan meriah.


MTQ Internasioanal diikuti sebanyak 4 negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Kamboja yang diikuti 41 peserta dari 25 Perguruan Tinggi, sedangkan pada ajang MSQ Nasional yang diikuti oleh 8 Tim terdiri dari 7 Perguruan Tinggi di Indonesia, melalui sistem daring/online.


Ajang perlombaan MTQ Internasional dan MSQ Nasional diselenggarakan mulai tanggal 6/09- 2021 sampai dengan penutup tanggal 14/09-2021. Melalui Keputusan dewan juri, adapun para pemuncak dalam ajang MTQ Internasional adalah Juara 1 Feni Mahardika (terfavorit) dari IAIN Batusangkar-Indonesia, Juara 2 Bazir Abdurrahman dari UIN Walisongo –Semarang, Juara 3 Mohd Fauzan Amir Bin Raihan dari National University of Malaysia, sedangkan pada posisi harapan 1 diraih oleh Rahmat Tawakkal Sobbari dari IAIN Palangkaraya, harapan 2 Aisya Nur Fahira dari UIN Sultan Adji Muhammad Idris- Samarinda, dan harapan 3 diraih oleh Mutia Safitri Dari IAIN Langsa.


Sedangkan untuk para pemuncak MSQ Nasional yakni Juara 1 Tim dari IAIN Batusangkar atas nama Fauzi Wirahadi, Abdul Nurifqi, Rafi Syaifullah, dan Juara ke 2 diraih oleh Tim IAIN Batusangkar yakni Riri Rahmadani, Gesti Ariska, Yamsasni sedangkan juara ke 3 adalah Tim dari UIN Imam Bonjol-Padang atas nama Mayang Tarurai Giara, Irfansyah dan Tri Widya Ananda dan yang terfavorit adalah Tim dari STIT Diniyah Putri Rahman EI Yunusiyyah-Padang Panjang.


Sementara itu, acara Rektor IAIN Btusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc memberikan apresiasi kepada para pemuncak dalam ajang perlombaan MTQ Internasional dan MSQ Nasional atas pencapaian mahasiswa dan mahasiswi yang telah berhasil meraih prestasi yang bergengsi.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar