Tentang PAI IAIN Batusangkar





Sejarah


Sejarah Jurusan Pendidikan Agama Islam tidak bisa terlepas dari Sejarah IAIN Batuasangkar, karena Jurusan Pendidikan Agama Islam  merupakan Jurusan Tertua yang ada di IAIN Batusangkar.
Sebelum berdirinya sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam di Kabupaten Tanah Datar, telah berdiri  Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang terletak di Bukit Gombak Batusangkar. Namun dalam perkembangannya, perjalanan PTPG ini ditarik ke Padang yang selanjutnya berubah status menjadi IKIP Padang. Keadaan ini menyebabkan masyarakat Tanah Datar kehilangan aset yang sangat berharga. Berarti pada saat itu tidak ada satupun perguruan tinggi di Tanah Datar.
Hal demikian menimbulkan motivasi dan keinginan yang kuat dari masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar untuk memiliki sebuah perguruan tinggi guna menampung para pelajar tamatan madrashah, pondok pesantren, PGA, Sekolah persiapan IAIN atau sekolah menengah lainnya, yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Begitu juga bagi guru agama yang ingin mendalami ilmu agama islam secara formal untuk mendapatkan gelar sarjana.
Upaya pembentukan Perguruan Tinggi Agama Islam di Batusangkar yang akhirnya berdiri resmi pada tahun 1968, dimulai dari pembentukan panitia persiapan pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam yang diketuai oleh Mahyudin Al-Gamar (Bupati Tanah Datar pada waktu itu). Dengan melihat personil yang berperan semakin menampakkan adanya indikator bahwa pendirian Perguruan Tinggi Agama Islam di Batusanagkar memang didukung oleh semua unsur, baik pemerintah maupun masyarakat.
Setelah Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Agama islam berjalan beberapa bulan, statusnya ditingkatkan menjadi Fakultas Tarbiyah swasta yang berlokasi di Kubu Rajo Lima Kaun Batusangkar di atas Tanah seluas 11.026 m2. Usaha ini semakin terdukung oleh tingginya keantusiasan masyarakat Tanah Datar. Hal ini dibuktikan dengan adanya kegairahan putera-puteri mereka untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas ini. Realitas ini menjadi potensi utama untuk beralihnya dari status swasta menjadi sebuah Fakultas yang berada dalam naungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang. Peralihan tersebut berdasarkan Keputusan Meteri Agama RI No. 238 Tanggal 20 Mei 1971. Dengan demikian Fakultas Swasta ini resmi menjadi Fakultas Tarbiyah Negeri  dengan status Fakultas Muda, artinya hanya bisa membuka program Pendidikan Tingkat Sarjana Muda..
Setelah kurang lebih 26 tahun Fakultas Tarbiyah di Batusangkar berada dalam lingkungan IAIN “ Imam Bonjol “ Padang, maka semenjak tahun 1997 Fakultas Tarbiyah  Batusangkar berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar berdasarkan Kepres No. 11 tahun 1997 dan keputusan Menteri Agama RI No. 285 tahun 1997. Dengan adanya perubahan tersebut, maka seluruh dosen – karyawan, sarana dan prasarana yang selama ini menjadi milik Fakultas Tarbiyah Padang dihibahkan oleh Rektor IAIN “ Imam Bonjol “ Padang kepada Ketua STAIN Batusangkar waktu itu. Jurusan yang ada di Batusangkar pun otomatis menjadi jurusan tetap di STAIN Batusangkar. Adapun jurusan yang ada waktu itu adalah jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Setelah melalui proses yang cukup panjang, maka pada akhir tahun 2015 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar resmi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Melalui  Perpres No. 147 tahun 2015,  tanggal 23 Desember 2015. Dan Program Studi Pendidikan Agama Islam beralih menjadi Jurusan Pendidikan Agama Islam dibawah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar.
Sampai sekarang Jurusan Pendidikan Agama Islam masih tetap eksis dan selalu menjadi pilihan yang favorit bagi siswa-siswi yang masuk mendaftar ke IAIN Batusangkar. Hal ini disebabkan karena banyaknya lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam telah mengajar, baik sebagai tenaga honor maupun PNS di berbagai sekolah/lembaga yang tersebar di Indonesia khususnya di Sumatera. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Batusangkar merupakan penyelenggara pendidikan dan pengajaran bidang pendidikan  Pendidikan Agama Islam. Jurusan ini sebagai pengembang kegiatan akademik dan keilmuan berupaya mempersiapkan lulusan sebagai Sarjan Pendidikan Islam (S.Pd.) yang profesional di bidang Pendidikan Agama Islam, sehingga dapat berkiprah di tingkat lokal, regional dan internasional.
       Landasan kekuatan dan kekokohan Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Batusangkar secara yuridis formal termaktub dalam Surat Keputusan Presiden RI Nomor 11 tahun 1997, tanggal 21 Maret 1997 yang ditandatangani Soeharto, serta Surat Keputusan tentang Izin Operasional Jurusan berdasarkan Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 56 tahun 2012, tanggal 15 Mai 2012 dan terakreditasi B pada BAN-PT dengan SK Nomor 197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/IX/2013 tanggal 26 September 2013. Untuk menjamin mutu proses pembelajaran dan hasil belajar, didukung oleh sarana dan prasarana serta kualifikasi dosen yang profesional dan kompeten di bidangnya dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3.